Dokumen SPM

Ekuivalen Kendaraan Ringan dan Kapasitas Dasar Jalan Perkotaan

Ruang Lingkup

Sesuai dengan perkembangan perlalu-lintasan di Indonesia dan pertimbangan para pakar dan praktisi,Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI’97) yang digunakan mulai tahun 1997, dipandang perlu untuk dimutakhirkan. Pemutakhiran dimulai dari Bab VI Jalan Luar Kota, dilanjutkan dengan Bab V Jalan Perkotaan, dan Bab VII Jalan Bebas Hambatan. Pada bab-bab tersebut, nilai-nilai ekuivalen kendaraan ringan dan kapasitas dasar dikaji ulang serta gaya penulisannya diperbaharui sesuai dengan gaya penulisan Badan Standarisasi Nasional tahun 2007. MKJI’97 berbeda dari Manual Kapasitas Jalan dari Negara barat (UK, USA, Australia, Jepang, dll) dengan alasan bahwa (foreword laporan MKJI phase I, tahun 1993): • Komposisi lalu lintas di Indonesia diantaranya terdiri dari porsi sepeda motor dan kendaraan fisik yang tinggi, dan • Tidak terjadinya aturan “right of way” di persimpangan dan titik-titik konflik yang lain, serta, yang sebelumnya belum disebutkan dalam MKJI’97, • Tidak ada aturan bagi sepeda motor untuk melaju secara teratur berurutan dalam lajur lalu lintas, sepeda motor dapat bermanouver kekiri-kekanan sejauh berada dalam lajur lalu lintas.

Informasi Dokumen

977-602-8256-65-0
Naskah Ilmiah
Balai Litbang Sistem dan Teknik Lalu Lintas
2011
Silakan login untuk download